Rabu, 20 Juni 2012

12. Janji Allah kepada orang beriman [2]



Khutbah Jum'at Drs. St. Mukhlis Denros
Di Masjid Al Munawarah
Pasar Sungai Lasi Nagari Pianggu
Kecamatan IX Koto Sungai Lasi
Kabupaten Solok Sumatera Barat
Tanggal 4 Desember 2009

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ واَلصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مُحَمَّدٍ اَلْمَبْعُوْثِ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ اهْتَدَى بِهُدَاهُ وَعَمِلَ بِسُنَّتِهِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أًمَّا بَعْدُ؛ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ. مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ.
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ

”Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka." [Al Hijr 15;39-40]

Hadirin, sidang jum’at yang dirahmati Allah
Kembali kita menyampaikan puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan karunia dan rahmat-Nya kepada kita sehingga dengan rahmat itu kita masih dapat menikmati kehidupan ini dengan baik, shalat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw, sebagai nabi dan Rasul yang diamanatkan untuk membimbing ummat manusia agar selamat hidupnya di dunia hingga akherat.

Marilah kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah Swt dengan sebenar-benarnya taqwa melalui pembuktikan amal shaleh sehari-hari yang dipraktekkan secara umum ataupun ritual karena memang kewajiban manusia di dunia ini hanya semata-mata untuk mengabdi kepada-Nya.

Pada kesempatan ini khatib mengajak kita semua untuk mengkaji ulang tentang kehidupan Rasulullah dalam sebuah judul,"Janji Allah kepada orang beriman" semoga kita mendapat pelajaran hendaknya.

Hadirin, sidang jum’at yang dirahmati Allah
Untuk kesempatan ini kita membahas enam janji Allah yang diberikan kepada orang-orang beriman yaitu;

Pertama, ditunjuki jalan yang lurus;
[Al Hijr 15;39-40]

”Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka."
“Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan melakukan kezaliman, Allah sekali-kali tidak akan mengampuni (dosa) mereka dan tidak (pula) akan menunjukkan jalan kepada mereka” [An Nisa’ 4;168]

Kedua, sebagai pewaris di bumi;
“Dan sungguh Telah kami tulis didalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi Ini dipusakai hamba-hambaKu yang saleh” [Al Anbiya’ 21;105]

Ketiga, orang-orang beriman diberi janji oleh Allah bahwa mereka akan dijadikan sebagai penguasa di bumi ini,
“Dan Allah Telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa dia sungguh- sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana dia Telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa’’ [An Nur 24;55]

Hadirin, sidang jum’at yang dirahmati Allah

Keempat, orang yang beriman akan ditolong atas musuh-musuhnya dalam segala kesempatan. Saat perang Badar akan dihadapi, Rasulullah melihat pasukan Quraisy dengan 1000 orang sedangkan ummat islam hanya 300 orang dengan peralatan yang sangat sederhana, waktu itulah beliau berdo’a dengan sebuah harapan kepada Allah,”Ya Allah, seandainya pasukan kecil ini kalah dalam perang ini maka sungguh ya Allah, tidak ada lagi orang yang akan menyembahmu di bumi ini”.

Ketika Jibril turun mengabarkan kalau mereka pasukan malaikatpun siap untuk membantu Rasulullah;
“(ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut" [Al Anfal 8;9]

Kelima, orang yang beriman dijanjikan oleh Allah untuk mendapat izzah atau kemuliaan;
“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, Pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, Maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya”[Al A’raf 7;96].

Keenam, orang-orang yang beriman, yang konsekwen dengan keimanannya akan diberi derajat yang tinggi dan kesuksesan dalam hidup.
“ Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih Tinggi derajatnya di sisi Allah; dan Itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.
Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat dari padanya, keridhaan dan surga, mereka memperoleh didalamnya kesenangan yang kekal,
“ Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.”[At Taubah 9;20-22]

Hadirin, sidang jum’at yang dirahmati Allah
Semua janji-janji Allah tersebut dapat diraih oleh orang –orang yang beriman bila menampakkan loyalitas yang tinggi kepada-Nya, istiqamah dengan iman yang ada, bahkan berupaya agar keimanannya semakin bertambah dalam kondisi apapun.[Mdr, 2009].

أَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar