Rabu, 09 Oktober 2013

88. Bekal Menyambut Ramadhan


Khutbah Jum'at
Drs. St. Mukhlis Denros
Di Masjid Nurul Huda
Jalan Laing -Tembok
Kecamatan Tanjung Harapan
Kota Solok Sumatera Barat
Tanggal 05 Juli 2013/ 26 Sya’ban 1434.H

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْم

KedatanganbulanRamadhanbagi orang yang berimanibaratmenantikedatangantamu yang sudah lama tidakberjumpa, sebelasbulansudahberlaludengansukadanduka yang diiringidengannaikturunnyakualitasiman.DengandatangnyabulanRamadhanmakaummat Islamteransangkembaliuntukmeningkatkankualitasimandanamalnyakepada Allah SWT denganmenyemarakkanRamadhanmelaluiberbagaiaktivitasibadah.
Perintahshoumataupuasadiwajibkan Allah SWT kepada orang yang berimandengansalahsatusuratyaitudalam Al Baqarah 2;183

“Hai orang-orang yang berimandiwajibkanatasengkauberpuasasebagaimanadiwajibkanatas orang-orang sebelumkamu agar kamubertaqwa”.

DalamsebuahhaditsdariUbaidilahdiriwayatkan;
“HaiRasulullah, katakanlahkepadakupuasa yang diwajibkanoleh Allah kepadaku”, jawabNabi,”PuasapadabulanRamadhan”, lelakiitubertanyalagi, “Apakahmasihadapuasawajibatasku?” JawabNabi, “Tidakada, kecualikalauengkauberpuasasunnah”.

Ibadahpuasabagiseorangmukminsudahdilakukandenganlatihandiwaktumasihanak-anakuntukmembiasakanpengamalanajaranrukun Islam ketiga, disampingbermanfaatbagikesehatanrohanijugamendatangkankesehatanjasmani,.Sudahbanyakpenelitian yang dilakukanolehparapakarkesehatan, baik yang beragama Islam maupunnon muslimdenganmengambilsuatukesimpulanbahwaberpuasasangatbaikuntukkesehatanjasmanidanrohani.
UstadzBukhari Yusuf MA dalamtulisannya di Republika [InilahDuaUrgensiSambutRamadhan, Selasa, 26 Juli 2011 12:00 WIB], menyebutkan; Paling tidakadaduaalasanmengapakitaharusmempersiapkandirimenyambutRamadhan.

Pertama, merujukkepadasikap yang ditunjukkanolehRasulullah SAW, sahabat, dangenerasisalehterdahulu.Sepertidisebutkandalamriwayat yang berasaldariAnasradengansanad yang lemahbahwaketikamemasukibulan Rajab, Rasulullah saw berdoa, "Ya Allah berkahi kami padabulan Rajab danSya'banini. Serta sampaikan kami kedalambulanRamadhan."(HR al-Tirmidzidan al-Darimi).

Bahkan, Ma'labinFadhalberkata, "DulusahabatRasul SAW berdoakepada Allah sejakenambulansebelummasukRamadhan agar Allah sampaikanumurmerekakebulan yang penuhberkahitu. Kemudian, selamaenambulansejakRamadhanberlalu, merekaberdoa agar Allah terimasemuaamalibadahmereka di bulanitu."JikademikiansudahsemestinyakitajugamempersiapkandirisebaikmungkinmenyambutRamadhan.

Kedua, melihatposisidanurgensiRamadhansebagaitamu Allah yang istimewa.Sebab, sepertidiketahuiRamadhandihadirkanuntukmembentukmanusia yang bertakwa (lihat QS al-Baqarah [2]: 183).
Denganvisiketakwaantersebut, Ramadhanmenjadi media yang sangatpentinguntukmeng-upgrade kualitasmanusiadanmeningkatkanderajatnya di sisi Allah (QS al-Hujurât [49]: 13).

••
“Sesungguhnya orang yang paling muliadiantarakamudisisi Allah ialah orang yang paling taqwadiantarakamu.Sesungguhnya Allah MahamengetahuilagiMahaMengenal”.

Denganvisiketakwaan, Ramadhanjugamenjadi media yang sangatefektifuntukmendapatkanberbagaikemudahandankelapanganhidupdari Allah SWT (QS ath-Thalaq [65]:2).

.” Barangsiapabertakwakepada Allah niscayaDiaakanMengadakanbaginyajalankeluar.”

Selainitu, Ramadhanjugamenjadi media bagilahirnyakeberkahan, terbukanyapinturahmat, dansolusibagibangsadannegara (QS al-A'raf [7]: 96).

“ JikalauSekiranyapenduduknegeri-negeriberimandanbertakwa, pastilah Kami akanmelimpahkankepadamerekaberkahdarilangitdanbumi, tetapimerekamendustakan (ayat-ayat Kami) itu, Maka Kami siksamerekadisebabkanperbuatannya”

DalammenyambutbulanRamadhanadaempatbekal yang harusdipersiapkanolehseorangmuslimyaitu;

1.BekalRuhy, bekalRohani
Orang yang berpuasaselayaknyamempersiapkanbekalruhydalamrangkamenyambutRamadhan.Intinyaruhyituadalahimandanhati yang bersih.

a.Iman, ygterpanggiluntukmelaksanakanibadahpuasahanyalah orang yang berimansehinggaperlukitamempersiapkanimandlmmenyambutRamadhansehinggaringan yang kitakerjakan.

“Hai orang-orang yang berimandiwajibkanatasengkauberpuasasebagaimanadiwajibkanatas orang-orang sebelumkamu agar kamubertaqwa”.[Al Baqarah 2;183].

b.Niat yang ikhlas, motivasiuntukberibadahdalambulanramadhanhanyakarena Allah semata.
“Padahalmerekatidakdisuruhkecualisupayamenyembah Allah denganmemurnikanketaatankepada-Nyadalam (menjalankan) agama yang lurus[1595], dansupayamerekamendirikanshalatdanmenunaikan zakat; dan yang demikianItulah agama yang lurus” [Al Baiyinah 98;5].

2.BekalFikry, bekalpemahaman
Pengetahuantentangpuasaharusdikuasaiolehseorangmuslimsebelumdatangnyabulanini, sebagaimanaRasulullahdanparasahabatmengadakanpembekalanpadabulanSya’bandenganmateritentangRamadhan.MengadakandialoqdandiskusitentangamalanRamadhan.
DalamsebuahhaditsdariUbaidilahdiriwayatkan;“HaiRasulullah, katakanlahkepadakupuasa yang diwajibkanoleh Allah
kepadaku”, jawabNabi,”PuasapadabulanRamadhan”, lelakiitubertanyalagi, “Apakahmasihadapuasawajibatasku?” JawabNabi, “Tidakada, kecualikalauengkauberpuasasunnah”.
“Dari Shal bin Sa’ad Ra, dariNabi SAW, iabersabda,”Sesungguhnya di syurgaituadasebuahpintu yang disebut “Rayyan” yang akandimasukioleh orang-orang yang sedangberpuasa”, laluditanyakan, “Dimana orang-orang yang sedangberpuasaitu?”, lalumerekaberdiriketikaitutidakseorangpunselainmereka yang masukpintutersebut. Makaapabilamerekatelahmasuksemua, pintuituditutup, sehinggatidakadaseorangpun yang masuk”.
Kita seharusnyajugabegitu, PadaakhirbulanSya’banadakanlahceramah-ceramah, pengajian-pengajianataupenerangan agama Islam dalamrangkamenyambutbulanRamadhandenganmenjelaskankeistimewaanbulanRamadhan, sertaamalanapasaja yang layakdilakukanbagi orang yang sedangberpuasa. Ataumungkinmembacabukufiqh yang berhubungandenganibadahRamadhansehinggaketikadatangRamadhanilmukitasudahadatentangpuasa.

3.BekalJasady, bekalFisik
Karenapuasaitumempengaruhifisikseseorangmakaselayaknyasejakawalsudahdisiapkanfisik yang sehat, kuatdantahanmenghadapirangkaianibadahpuasadenganolahraga, menjagakesehatandanketahananlainnya.Bahkandenganpuasadapatmenyehatkanpenyakitsebagaimanahasilpenelitian.
Dr. Alexis Kariel, pemenang hadiah Nobel dalam ilmu kedokteran berpendapat, “Kebanyakan makan itu dapat menghilangkan fungsi yang berperan untuk kelansungan jenis manusia yang justru dibentuk oleh sedikitnya makan. Itulah sebabnya, maka manusia harus membiasakan puasa dalam waktu-waktu tertentu”.
Menurut dr. Ellen, puasa dapat menyembuhkan penyakit gula. Dr. Ali Akbarpunberpendapatbahwapuasadapatmenyembuhkanpenyakitginjal, terlalugemuk, darahtinggidanpendarahanotak.Sedangkandr. Alan Cottberpendapatbahwadenganpuasa; fisiklebihbaik, sehatdanmuda, batinmerasabersih, tekanandarahtinggimenurun, mengendurkanketeganganatau stress, menajamkanperasaandan
menghambat proses ketuaan
Dari pendapatdiatasmenguatkansabdaRasulullah yang mengatakan “Shumutashihu, puasalahkamu agar kamusehat”

4.BekalMaly, bekalharta
Puasaitumembutuhkanbiayabahkanlebihbanyakdibandingkanhari-hari yang lain, sepertimenyediakan menu berbukapuasadansahur, apalagimenjelangakhirRamadhansudah Nampak pengeluarandana, selain zakat dan zakat fitrah, tentutidaklepasdaribajubarudankuelebaran.
Itulahmakanyaparasahabat, dalambulanSya’bandiafokuskandirinyauntukmencariuang, kemudianpadabulanRamadhandiafokuskandirinyahanyauntukberibadahsaja.


بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar