Senin, 07 Oktober 2013

73. Dosa-Dosa Yang Menyebabkan PelakunyaMasukNeraka [2]


Khutbah Jum'at
Drs. St. Mukhlis Denros
Di Masjid Nurul Huda
Jorong Balai Pandan Nagari Cupak
Kecamatan Gunung Talang
Kabupaten Solok Sumatera Barat
Tanggal 14 Desember 2012/ 01 Shafar 1434.H

Dosa-Dosa Yang Menyebabkan
PelakunyaMasukNeraka [2]

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ،

“danBarangsiapaberpalingdariperingatan-Ku, MakaSesungguhnyabaginyapenghidupan yang sempit, dan Kami akanmenghimpunkannyapadaharikiamatdalamKeadaanbuta".[Thaha 20;124].

Kaummusliminrahimakumullah…Pertama-tama, marilahkitatingkatkankualitastaqwakitapada Allah denganberupayamaksimalmelaksanakanapasajaperintah-Nya yang termaktubdalam Al-Qur’an danjugaSunnahRasul saw. Padawaktu yang samakitadituntut pula untukmeninggalkanapasajalarangan Allah yang termaktubdalam Al-Qur’an danjugaSunnahRasul Saw. Hanyadengancaraitulahketakqawaankitamengalamipeningkatandanperbaikan….
Selanjutnya, shalawatdansalammarikitabacakanuntuknabi Muhammad Saw sebagaimanaperintah Allah dalam Al-Qur’an :


Sesungguhnya Allah danmalaikat-NyabershalawatatasNabi (Muhammad Saw).Wahai orang-orang beriman, ucapkanshalawatdansalamatasNabi (Muhammad) Saw. ( Al-Ahzab : 56)

KaumMusliminrahimakumullah…
Banyak di antarakita yang salahpersepsibahwanerakaituhanyauntuk orang-orang kafirdanmunafik. Ada pula yang lebihkelirulagisambilberspekulasi :Hidupinihanyasekali. Akhiratadalahurusannanti.Akibatnya, kitamerasatenang-tenangsajasetelahkitamenjadi Muslim danMukminsecara formal.Lebihcelakalagi, berbagaidosadanmaksiatpundilakukantanpamalupada Allah Ta’ala, TuhanPencipta.Perlukitaketahuibahwaformalitaskeislamandankeimanankitasamasekalitidakakanmenolongkita di akhiratnantijikakitatidakmelaksanakankosekuensi-konsekuensikeislamandankeimananitusecarabaikdanutuh.

SesungguhnyaNerakaitubukanhanyatempathukuman yang amatpedihbagi orang-orang kafir, musyrikdanmunafik.Nerakajugadiperuntukkanbagi orang-orang Mu’min yang tidakmentaati (durhaka) danlalaiterhadapsistemdanaturankehidupan yang Allah tetapkanuntukmanusiaselamamerekahidup di dunia.Akan tetapi, nerakajugamenjaditempathukumanbagi orang-orang yang beriman yang tidakmenjalankannilai-nilaikeimanansecarautuhdanmenyeluruhsaatmerekahidup di dunia.Merekainidisebut orang-rang yang durhakapada Allah danRasul-Nyadanlalaidarimengingat Allah danancamanakhirat.
Di antarabentukkedurhakaandankelalaian yang menyebabkan orang Mu’minmasukNerakaitusebagaimana yang disampaikanolehUstadzFathuddinJa'far, dalamtulisannya yang berjudulDosa-Dosa Yang MenyebabkanPelakunyaMasukNeraka, yang dimuatpada www. eramuslim.com.Jumat, 05/02/2010 09:26 WIBialah :

7. Berdoa (meminta) kepadatuhanlain di samping Allah, membunuhtanmpasebab yang dibenarkandanberzina, kendatisuka-samasuka. Pelanggaranterhadapketigahaltersebutdiaanggap fatal danmembahayakanimanpada Allah, sertamenyebabkankekaldalamNeraka.Solusinyahanyasatu, yaknibertaubatkepada Allah sebelumnafas di tenggorokandisertaimelipatgandakanamalshaleh.Tentanghalini Allah jelaskandalamfirman-nya :

“Dan orang-orang yang tidakberdoa (meminta) kepadatuhan yang lain beserta Allah dantidakmembunuhjiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecualidengan (alasan) yang benar, dantidakberzina. Barangsiapa yang melakukandemikianitu, niscayadiamendapat (pembalasan) dosa (nya),( (yakni) akandilipatgandakanazabuntuknyapadahariKiamatdandiaakankekaldalamazabitu, dalamkeadaanterhina kecuali orang-orang yang bertobat, berimandanmengerjakanamalshaleh; makakejahatanmerekadiganti Allah dengankebaikan.
Dan adalah Allah MahaPengampunlagiMahaPenyayang Dan orang yang bertobatdanmengerjakanamalshaleh, makasesungguhnyadiabertobatkepada Allah dengantobat yang sebenar-benarnya”. (71) (Q.S. Al-Furqan (25) : 68 – 71

8. Tidakberimankepada Allah disebabkantidakmemilikitanggungjawabsosial, khususnyaterkaitdenganupayapenyelesaianmasalahkemiskinankarenalemahnyaimanpada Allah. Hal tersebutdijelaskan Allah dalamfirman-Nya :

(Allah berfirman): "Tangkaplahdialalubelenggulahtangannyakelehernya." (30) KemudianmasukkanlahdiakedalamNerakaJahimapinyamenyala-nyala.(31) Kemudianbelitlahdiadenganrantai yang panjangnyatujuhpuluh hasta (32) Sesungguhnyadiadahulutidakberimankepada Allah Yang MahaBesar.(3 Dan jugadiatidakmendorong (orang lain) untukmemberimakan orang miskin ) Makatiadaseorangteman pun baginyapadahariini di sini.(35) Dan tiada (pula) makanansedikit pun (baginya) kecualidaridarahdannanah (36) Tidakada yang memakannyakecuali orang-orang yang berdosa.(37) (Q.S. Al-Haqqah (69) : 30 – 37)

KaumMusliminrahimakumullah…
Dosa-dosa lain yang menyebabkankitamasuknerakaialah :

9. Membunuh orang Mu’mindengansengaja. Allah menjelaskandalamfirman-Nya :
“Dan barangsiapa yang membunuhseorangMu’mindengansengaja, makabalasannyaialahJahannam, kekalia di dalamnyadan Allah murkakepadanya, danmengutukinyasertamenyediakanazab yang besarbaginya.” (93) (Q.S. Annur (24) : 93)

10. Menyiksa orang-orang Mu’mindanmembuatmerekamengalamikesulitandalamkehidupanduniakarenamerekakomitmen (berpegangteguh) padanilai-nilaikeimanandankeislaman. Allah menjelaskandalamfirman-Nya:

“Sesungguhnya orang-orang yang menyiksa orang-orang yang Mu’minlaki-lakidanperempuankemudianmerekatidakbertobat, makabagimerekaazabJahannamdanbagimerekaazab (Neraka) yang membakar.” (Q.S. Al-Buruj (85) : 10)
11. Menghalang-halangidanmenghambat orang-orang Mu’minberzikirpada Allahdansegalakegiatan yang terkaitdengan agama Allah di Masjid danberupayamerusakdanmenghancurkannya. Allah menginformasikanhaltersebutdalamfirman-Nya :

“Dan siapakah yang lebihaniayadaripada orang yang menghalang-halangimenyebutnama Allah dalammesjid-mesjid-Nya, danberusahauntukmerobohkannya? Merekaitutidaksepatutnyamasukkedalamnya (mesjid Allah), kecualidengan rasa takut (kepada Allah). Mereka di duniamendapatkehinaandan di Akhiratmendapatsiksa yang berat.(114) (Q.S. Al-Baqarah (2) : 114)

12. Melalaikanshalatfardhu (lima waktusehari),lalaidalamshalat, riya’ (mengharapkanpujianmanusia) dalamshalatdantidakmaumembantu orang lain denganharta yang berharga. Allah menjelaskandalamfirman-Nya :

tahukahkamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardikanakyatim. dantidakmenganjurkanmemberiMakan orang miskin. Makakecelakaanlahbagi orang-orang yang shalat,(yaitu) orang-orang yang lalaidarishalatnya, orang-orang yang berbuatriya, danenggan (menolongdengan) barangberguna’’) (Q.S. Al-Maa’uun (107) : 4 – 7)

Riyaialahmelakukansesuatuamalperbuatantidakuntukmencarikeridhaan Allah akantetapiuntukmencaripujianataukemasyhuran di masyarakat.

بَارَكَاللهُلِيْوَلَكُمْفِيالْقُرْآنِالْعَظِيْمِ،وَنَفَعَنِيْوَإِيَّاكُمْبِمَافِيْهِمِنَاْلآيَاتِوَالذِّكْرِالْحَكِيْمِ،وَتَقَبَّلَاللهُمِنِّيْوَمِنْكُمْتِلاَوَتَهُ،إِنَّهُهُوَالسَّمِيْعُالْعَلِيْمُ

[FathuddinJa'far, Dosa-Dosa Yang MenyebabkanPelakunyaMasukNeraka,eramuslim.com.Jumat, 05/02/2010 09:26 WIB]





Tidak ada komentar:

Posting Komentar