Senin, 07 Juli 2014

123. Iman,Islam dan Ihsan




Khutbah Jum'at
Drs. St. Mukhlis Denros
Di Masjid Nurul Huda
Jorong Balai Pandan Nagari Cupak
Kecamatan Gunung Talang
Kabupaten Solok Sumatera Barat
Tanggal 6 Juni 2014.M / 7 Sya’ban  1435.H



إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
أَمَّابَعْدُ؛ فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، اِتَّقُوا اللهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ، وَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْم
يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا
يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا،
أَمّا بَعْدُ فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.
  
Hadirin sidang jum’at yang dirahmati Allah
Kita sanjungkan puja dan puji syukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan karunia dan nikmat-Nya kepada kita sehingga  kita bisa hadir  di Masjid ini dalam rangka memenuhi panggilan Allah yaitu shalat jum’at, semoga ini salah satu ujud syukur kita kepada-Nya. Shalawat dan salam kita sampaikan pula kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam yang telah menuntun ummatnya ke jalan yang lurus yaitu jalan keimanan dan keislaman, semoga kita termasuk orang-orang yang istiqamah di jalan ini.

Khatib mengajak kita semua untuk meningkatkan iman dan taqwa yang merupakan level iman yang tertinggi untuk meraih keselamatan hidup di dunia dan akherat, karena memang sebaik-baik bekal menuju akherat adalah taqwa.


Hadirin sidang jum’at yang dirahmati Allah
            Dalam  Hadits  Arbai’in yang dikumpulkan oleh Imam Nawawi  dengan judul Iman, Islam dan Ihsan disebutkan;
عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَيْضاً قَالَ : بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوْسٌ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ إِذْ طَلَعَ عَلَيْنَا رَجُلٌ شَدِيْدُ بَيَاضِ الثِّيَابِ شَدِيْدُ سَوَادِ الشَّعْرِ، لاَ يُرَى عَلَيْهِ أَثَرُ السَّفَرِ، وَلاَ يَعْرِفُهُ مِنَّا أَحَدٌ، حَتَّى جَلَسَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَأَسْنَدَ رُكْبَتَيْهِ إِلَى رُكْبَتَيْهِ وَوَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَخِذَيْهِ وَقَالَ: يَا مُحَمَّد أَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِسْلاَمِ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : اْلإِسِلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ وَتُؤْتِيَ الزَّكاَةَ وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ   وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً قَالَ : صَدَقْتَ، فَعَجِبْنَا لَهُ يَسْأَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ، قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِيْمَانِ قَالَ : أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ. قَالَ صَدَقْتَ، قَالَ فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِحْسَانِ، قَالَ: أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ . قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ السَّاعَةِ، قَالَ: مَا الْمَسْؤُوْلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ. قَالَ فَأَخْبِرْنِي عَنْ أَمَارَاتِهَا، قَالَ أَنْ تَلِدَ اْلأَمَةُ رَبَّتَهَا وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُوْنَ فِي الْبُنْيَانِ، ثُمَّ انْطَلَقَ فَلَبِثْتُ مَلِيًّا، ثُمَّ قَالَ : يَا عُمَرَ أَتَدْرِي مَنِ السَّائِلِ ؟ قُلْتُ : اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَعْلَمَ . قَالَ فَإِنَّهُ جِبْرِيْلُ أَتـَاكُمْ يُعَلِّمُكُمْ دِيْنَكُمْ .  
[رواه مسلم]
Dari Umar radhiallahuanhujugadiaberkata :Ketika kami duduk-dudukdisisiRasulullahShallallahu’alaihiwasallamsuatuharitiba-tibadatanglahseoranglaki-laki yang mengenakanbaju yang sangatputihdanberambutsangathitam, tidaktampakpadanyabekas-bekasperjalananjauhdantidakadaseorangpundiantara kami yang mengenalnya.
HinggakemudiandiadudukdihadapanNabilalumenempelkankedualututnyakepadakepadalututnya (RasulullahShallallahu’alaihiwasallam) serayaberkata: “ Ya Muhammad, beritahukanakutentang Islam ?”, makabersabdalahRasulullahShallallahu’alaihiwasallam :

اْلإِسِلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ وَتُؤْتِيَ الزَّكاَةَ وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ   وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً
“ Islam adalahengkaubersaksibahwatidakadaIlah (Tuhan yang disembah) selain Allah, danbahwaNabi Muhammad adalahutusan Allah, engkaumendirikanshalat, menunaikan zakat, puasaRamadhandanpergi haji jikamampu “,

kemudiandiaberkata: “ andabenar “. Kami semuaheran, dia yang bertanyadia pula yang  membenarkan. Kemudiandiabertanyalagi: “ BeritahukanakutentangIman “.
أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ.
Lalubeliaubersabda: “ Engkauberimankepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya danhariakhirdanengkauberimankepadatakdir yang baikmaupun yang buruk “,
kemudiandiaberkata: “ andabenar“.  Kemudiandiaberkatalagi: “ Beritahukanakutentangihsan “. Lalubeliaubersabda:

أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ
“ Ihsanadalahengkauberibadahkepada Allah seakan-akanengkaumelihatnya, jikaengkautidakmelihatnyamakaDiamelihatengkau” .
Kemudiandiaberkata: “ Beritahukanakutentangharikiamat (kapankejadiannya)”. Beliaubersabda: “ Yangditanyatidaklebihtahudari yang bertanya “. Diaberkata:  “ Beritahukanakutentangtanda-tandanya “, beliaubersabda:  “ Jikaseoranghambamelahirkantuannyadanjikaengkaumelihatseorangbertelanjang
kakidan dada, miskindanpenggembaladomba, (kemudian)  berlomba-lombameninggikanbangunannya “, kemudian orang ituberlaludanakuberdiamsebentar. Kemudianbeliau (Rasulullah) bertanya: “ Tahukahengkausiapa yang bertanya ?”. akuberkata: “ Allah danRasul-Nya lebihmengetahui “. Beliaubersabda: “ DiaadalahJibril yang datangkepada kalian (bermaksud) mengajarkan agama kalian “. (Riwayat Muslim) 
Catatan :
Haditsinimerupakanhadits yang sangatdalammaknanya, karenadidalamnyaterdapatpokok-pokokajaran Islam, yaituIman, Islam danIhsan.
Haditsinimengandungmakna yang sangatagungkarenaberasaldariduamakhluk Allah yang terpercaya, yaitu: Amiinussamaa’ (kepercayaanmakhluk di langit/Jibril) danAmiinulArdh (kepercayaanmakhluk di bumi/ Rasulullah)
Pelajaran yang terdapatdalamhadits / الفوائد من الحديث :
Disunnahkanuntukmemperhatikankondisi  pakaian, penampilandankebersihan, khususnyajikamenghadapiulama, orang-orang muliadanpenguasa.
Siapa yang menghadirimajlisilmudanmenangkapbahwa orang–orang yang hadirbutuhuntukmengetahuisuatumasalahdantidakadaseorangpun yang bertanya, makawajibbaginyabertanyatentanghaltersebutmeskipundiamengetahuinya agar peserta yang hadirdapatmengambilmanfaatdarinya.
Jikaseseorang yang ditanyatentangsesuatumakatidakadacelabaginyauntukberkata: “Sayatidaktahu“,  danhaltersebuttidakmengurangikedudukannya.
Kemungkinanmalaikattampildalamwujudmanusia.
Termasuktandaharikiamatadalahbanyaknyapembangkanganterhadapkedua orang tua.Sehinggaanak-anakmemperlakukankedua orang tuanyasebagaimanaseorangtuanmemperlakukanhambanya.
Tidakdisukainyamendirikanbangunan yang tinggidanmembaguskannyasepanjangtidakadakebutuhan.
Didalamnyaterdapatdalilbahwaperkaraghaibtidakada yang mengetahuinyaselain Allah ta’ala.
Didalamnyaterdapatketerangantentangadabdancaradudukdalammajlisilmu.
Pembahasan
1.Rasulseringberdiskusitentang agama dengansahabat
Rasulullahkerapkaliberdialoq, berdiskusidanmenyampaikantaujihdantausiyahkepadasahabatnyauntukmenanamkan Al Wa’yu artinya kesadaran diri untuk hidup bersama islam dengan segala suka dan dukanya melalui pengkajian islam yang intensif, sebenarnya kenapa ummat islam berbuat diluar ketentuan ajaran agamanya karena sebagian dari mereka tidak sadar tentang perannya dalam hidup ini, kewajiban dan haknya sebagai muslim masih belum mereka ketahui. Kesadaran ini perlu kita tumbuhkan karena memang banyak muslim yang tidak sadar tentang kemuslimannya.

Untuk melakukan semua itu memang bukan tugas ulama saja tapi tugas semua muslim melalui da’wah yang intensif dikerjakan dengan rapi dan terprogram yang hanya bisa dilakukan dengan da’wah   fardiyah [rekrutmen] bukan da’wah yang cendrung seremonial dan formal.

            Rasul saja dalam sejarahnya mengajak ummat ini agar menggencarkan da’wah secara pribadi tapi dalam bingkai jama’i [organisasi]. Allah menyiratkan dalam firman-Nya surat Ali Imran 3;104 ;”Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan ummat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang mungkar, merekalah orang-orang yang beruntung

2.Siapa yang datangdenganpakaianputih-putih?
            Yang seringdatangkepadaRasuluntukmenyampaikanwahyuadalahmalaikatJibril, kerapdatangdenganrupaseoranglelakidenganpakaianputih, kalauJibrildatangdenganbentukaslinyamakaRasulullahtidakmampumelihatnyasebabkakinyasajaberada di bumitapikepalanyamenjulangkelangitdenganribuansayapnya.

KedatangannyaketikaitulansungmenemuiRasulullahsambildudukberdekatansehinggalututnyaberadudenganlututRasulullah, diadatanguntukmengajarsesuatukepadaRasuldan  parasahabatnya.

3.Kenapa orang itubertanyatentanghal yang sudahdiketahuinya
            Yang datangituadalahmalaikatJibrildandiamenanyakanhal-hal yang berkaitandenganimandanislam, ketikadijawabolehRasuldiamengatakan "benarya Muhammad" artinyadiasudahtahujawabandariapa yang ditanyakanitu, halinisebagaipelajaranbahwabolehkitabertanyahal-hal yang sudahdiketahui agar jawabannyadidengaroleh orang lain yang  belumtahu.

4.ApakahImanitu
Malaikatbertanyatentangiman, makadijawabolehRasulullah,"Imanialahengkaupercayadanmeyakini Allah, Malaikat-Nya, hariakherat, para Rasuldanyakinadanyahariberangkit' halinikitakenaldenganrukuniman.

Selain itu iman itu harus mengikuti jejak risalah Nabi Muhammad, maksudnya adalah mengikuti karakter Rasulullah dan orang-orang beriman sebagaimana yang tertera dalam surat Al Fath 48;29

“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil,”.

5.Apakah Islam itu
Ketika ditanya tentang makna Islam, maka Rasulullah menjawabnya,"Islam ialah hendaknya kamu menyembah Allah,  jangan menyekutukannya, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat dan puasa pada bulan Ramadhan, yang kita kenal dengan rukun islam.

Keyakinan seorang muslim terhadap dienul islam adalah bahwa islam merupakan satu-satunya dien Allah yang otomatis menolak segala bentuk dien yang datang setelah atau sebelumnya,;

"Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. tiada berselisih orang-orang yang Telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, Karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah Maka Sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya".[Ali Imran 3;19]

            Berarti semua bentuk isme dan dien lain selain islam adalah bathil dan sia-sia, alangkah meruginya manusia bila salah memilih agama apa yang layak untuk dijadikan sebagai pegangan hidup, tapi tidak sedikit pula manusia yang mengetahui kebenaran islam namun enggan untuk mengakui kebenarannya karena beberapa faktor.

“Barangsiapa mencari agama selain agama islam, Maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.”[Ali Imran 3;85]


6.Apakah Ihsan itu
Ihsan menurut Rasul adalah,"Hendaklah kamu menyembah Allah, seolah-olah kamu melihat-Nya, jika kamu tidak melihat-Nya pasti Dia melihatmu". Sehingga pengabdian kepada Allah akan mantap tanpa diganggu oleh sikap riya', bahkan walaupun tidak dilihat manusia maka Allah tetap melihatnya;

"Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam" [Al An'am 6;162].

"Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu" [Al Baqarah 2;284]

7.KapanKiamatDatang
            Ketikaditanyakantentangkapankiamatdatang, makaRasulmenyatakantidaktahu, karenamemangberitakiamatitutidakada yang tahusiapapunkecuali Allah semata, Allah berfirman;

”Makanya tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat yaitu kedatanganya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari kiamat sudah datang?” [Muhammad 47;18]

            Dari ayat di atas Allah menerangkan bahwa kiamat akan datang dengan tiba-tiba tanpa diketahui oleh siapapun dan kapanpun datangnya, dia merupakan rahasia Allah, tak seorang makhlukpun diberi tahu oleh Allah, akan tetapi Allah memberikan tanda-tanda yang mengiringi kejadian yang luar biasa.

            Suatu ketika dalam hadits diriwayatkan bahwa Jibril bertanya kepada Rasulullah Saw perihal tibanya hari akhir. Pertanyaan itu dijawab  beliau bahwa yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya. Kemudian Jibril berkata lagi, ”Beritahukanlah kepada saya tanda-tandanya”, Rasulullah bersabda, ”Apabila hamba sahaya [budak] wanita melahirkan tuannya dan apabila engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang lagi miskin, serta para penggembala kambing hidup bermegah-megah dalam gedung yang besar-besar”.

8.KenapaImanditanyalebihdahulu?
            Iman yang ditanyakanlebihdahuluolehmalaikatsebelummenanyakantentangislam, ihsandankiamatkarenatigahalitujawabannyaterkaitdengankeimananseseorang, tanpaimanmakasemuatidakadaartinya.

Selama 13 tahunRasulullah di Mekkahdalammenyampaikan agama Islam untukmasyarakatQuraisy, beliaumemperioritaskanpembinaanaqidahdanimansebelumnyasehinggaberhala di Ka'bahsebanyak 360 dibiarkandahulu, biladihancurkanberhalaitumakapastiakanberdiriberhala-berhala yang lebihbanyaklagidanbentrokanfisikpastiakanterjadi, tapiketikaislamtelahjayaakhirnyamereka yang membangunberhalaitulah yang menghancurkansembahannyaitu.

Selamada'wah di Mekkahmakakhamar, judidanribamasihdibolehkankarenahalitumenjadibudayadalamkehidupanmasyarakatQuraisy, Masjid belumdibangun, Jilbabbelumdiwajibkan. Setelahimantertanamdenganbaikakhirnyamerekasendiri yang menghancurkanberhala, meninggalkankhamar, judidanriba, kaumwanitanyaspontanmemakaijilbabketikaperintahitusudahturun.

Seorangahlihikmat yang terkenalsampainamanyatercantumdalam Al Qur'an bernamaLukman Al Hakim.Sebelummenanamkanibadahdanakhlakkepadaanaknya, pertamasekaliLukmanmenanamkanaqidahdaniman yang bersihdarisyirik;

"Dan (Ingatlah) ketikaLuqmanBerkatakepadaanaknya, di waktuiamemberipelajarankepadanya: "Hai anakku, janganlahkamumempersekutukan Allah, Sesungguhnyamempersekutukan (Allah) adalahbenar-benarkezaliman yang besar".[Lukman 31;13]

Pembersihanimandarinodasyiriksangatpentingdalamrangkamenjagakesuciantauhid, bilaimansudahbersihmakaibadahdanakhlak yang diwujudkandalamkehidupansehari-hariakandijaminkesuciannya. Landasanibadahdanakhlakadalahiman yang bersihdarinodasyirik.Bahkan Allah akanmengampunisemuadosadenganizinnyakecualidosa yang mencederaiketauhidandengankesyirikan.

Itulahpelajaran yang dapatdiambildariperistiwa yang dialamiolehRasulullahdan para sahabattentangkedatangantamu yang disebutdenganmalaikatJibrildalamrangkamenyampaikanwahyusecaradialogis, wallahua'lam. [CubadakSolok, 01042010].


بَارَكَاللهُلِيْوَلَكُمْفِيالْقُرْآنِالْعَظِيْمِ،وَنَفَعَنِيْوَإِيَّاكُمْبِمَافِيْهِمِنَاْلآيَاتِوَالذِّكْرِالْحَكِيْمِ. أَقُوْلُقَوْلِيْهَذَاوَأَسْتَغْفِرُاللهَالْعَظِيْمَلِيْوَلَكُم



KHUTBAH
KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ، وَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِمِيْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ ، وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الصَّادِقُ الْوَعْدُ الْأَمِيْنُ. عِبَادَ اللهِ ، أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ،وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
عِبَادَاللهِ،إِنَّاللهَيَأْمُرُكُمْبِالْعَدْلِوَاْلإِحْسَانِوَإِيتَآئِذِيالْقُرْبَىوَيَنْهَىعَنِالْفَحْشَآءِوَالْمُنكَرِوَالْبَغْيِيَعِظُكُمْلَعَلَّكُمْتَذَكَّرُوْنَ. وَلَذِكْرُاللهِأَكْبَر


Tidak ada komentar:

Posting Komentar