Kamis, 19 Mei 2016

162. Jangan Lari dari Kematian




Khutbah Jum’at
Drs. St. Mukhlis Denros
Di Masjid Al Muttaqin
 Kampung Dalam Baloi Center
Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam
Provinsi Kepulauan Riau
13 Sya’ban  1437. H/ 20 Mai  2016.M



إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، اِتَّقُوا اللهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ، وَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْم
يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا
يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا،
أَمّا بَعْدُ فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.

Kematian itu memang ditakuti oleh semua orang tapi tidak bisa menghindari darinya dikala sudah ada utusan Allah untuk mengakhiri kehidupan itu, di dunia ini tidak ada tempat yang bisa kita lari dari kematian, dimana saja kematian itu pasti datang sebagaimana Allah SWT menegaskan:

 “Di mana saja kalian berada, kematian akan menjumpai kalian kendati kalian berada dalam benteng yang tinggi lagi kokoh. (QS. an-Nisa’ [4]: 78).

Pada sebuah kerajaan, seorang Raja sudah datang tanda-tanda kematiannya dengan sakit yang diderita, luar biasa takutnya bila kematian itu benar-benar datang pada saat kejayaan kekuasaannya sehingga dia perintahkah kepada pasukan agar mempersiapkan sebuah peti yang indah, kuat dan kokoh, jangankan semut sedangkan angin saja tidak boleh menyelusup ke dalam peti itu. Setelah peti siap sang Raja
memerintahkan kepada pasukannya agar dirinya dimasukkan ke dalam peti itu, dikunci rapat, dipatri sehingga tidak ada celah apapun untuk masuk ke dalam peti. Kemudian agar peti itu dimasukkan ke dalam laut yang paling dalam dengan anggapan agar tak sampai malaikat maut untuk menjemput kematiannya.

Banyak kejadian yang merupakan musibah dialami manusia di dunia ini sebagai jalan untuk mengakhiri kehidupannya, yang musibah itu bagi orang beriman merupakan ujian dari Allah tapi bagi orang yang kafir atau yang durhaka adalah azab yang diberikan seperti banjir yang menghancurkan segalanya, sebagaimana yang difirmankan Allah,

 ”Maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar yang menghancurkan segalanya dan Kami ganti kebun-kebun mereka itu dengan kebun-kebun yang ditumbuhi pohon-pohon berbuah pahit dan semacam pohon cemara dan sedikit pohon bidara”[As Saba’ 34;16].

Kematian yang dialami manusia memang bermacam-macam bentuk dan kejadiannya tapi intinya adalah kematian, musibah dan bencana adalah sebagai salah satu cara Allah untuk mengakhiri kehidupan makhluknya, apalagi orang-orang yang ingkar kepada-Nya tentu akan diberikan cara yang sesuai dengan sikap hidup selama ini berupa siksaan melalui berbagai malapetaka yang diturunkan.

"Maka masing-masing (mereka itu) kami siksa disebabkan dosanya, Maka di antara mereka ada yang kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri". [Al Ankabut 29;40].

Satu ketika Rasulullah nampak wajahnya pucat dan penuh ketakutan sehubungan dengan datangnya mendung yang gelap sekali, dengan kondisi ini isteri beliau Aisyah bertanya, kenapa ketakutan begitu beliau bukannya senang apalagi hujan sudah lama tidak turun, Nabi menjelaskan bahwa dahulu dizaman nabi-nabi sebelumnya mendung yang gelap itu dikira hujan yang akan turun tapi nyatanya bencana yang didatangkan Allah sehingga memusnahkan kehidupan, mayat-mayat bergelimpangan karena panasnya awan yang datang serta pepohonanpun meranggas karena hangus kepanasan.



Nabi Daud didatangi oleh seorang tamu yang menyatakan dirinya sebagai Malaikat maut yang bertugas untuk mencabut nyawa. Dengan kedatangan tamu itu Daud  menanyakan apakah kedatangan tamu untuk mencabut nyawanya. Malaikat maut menyatakan bahwa dia mendapat tugas untuk mencabut nyawa tetangga Daud besok pagi,  agar Daud menyampaikan pesan ini kepada sang tetangga, lalu malaikat pergi berlalu. Sengaja siang itu nabi Daud mendatangi tetangganya untuk mengabarkan kematian sang tetangga besok pagi, dengan bahasa dan momen yang tepat nabi Daud menyampaikan berita itu, maka sang tetangga menerima serta siap menanti kematian itu.

            Ketika pagi telah datang, nabi Daud akan menyaksikan peristiwa


yang dijanjikan oleh malaikat tentang kematian tetangganya, tapi hari sudah siang hingga sorepun datang tapi belum ada tanda-tanda kematian yang dijanjikan itu. Malam itu sang malaikat datang lagi kepada Daud menyatakan bahwa sang tetangga tidak jadi menemui ajalnya karena Allah menunda kematiannya hingga waktu tertentu, sebab sang tetangga termasuk orang yang berbuat baik dan menjalin hubungan silaturahim.
           
Sejalan dengan kejadian yang dialami oleh Nabi Daud, Ada sabda Nabi saw. yang membenarkan kejadian itu:Siapa saja yang suka dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya hendaklah ia bersilaturahmi.(HR al-Bukhari, Muslim, Abu dan Ahmad).

Juga ada beberapa hadis semisalnya.Dalam hal ini, yang dimaksud dengan pertambahan umur bukanlah penundaan ajal. Yang bertambah tidak lain adalah keberkahan umurnya dalam ketaatan kepada Allah. Bisa juga maknanya adalah bukan pertambahan umur biologis, tetapi umur sosiologis, yakni peninggalan, jejak atau atsar al-‘umri-nya yang terus mendatangkan manfaat dan pahala setelah kematian biologisnya. Abu Darda menuturkan bahwa Rasul saw. pernah bersabda: Sesungguhnya Allah tidak akan mengakhirkan (kematian) seseorang jika telah datang ajalnya. Sesungguhnya bertambahnya umur itu dengan keturunan salih yang Allah karuniakan kepada seorang hamba, lalu mereka mendoakannya sesudah kematiannya sehingga doa mereka menyusulinya di kuburnya. Itulah pertambahan umur.(HR Ibn Abi Hatim].


بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُم




Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ، وَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِمِيْنَ.
 أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ ، وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الصَّادِقُ الْوَعْدُ الْأَمِيْنُ.
اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
 عِبَادَ اللهِ ، أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْم
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ،وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ



Tidak ada komentar:

Posting Komentar